Label

Sembelit ! Gejala, Penyebab dan Pengobatan

 

www.vitaminone.my.id


Sembelit adalah masalah kesehatan umum yang tidak nyaman akhir-akhir ini. 
Sembelit paling sering didefinisikan sebagai buang air besar tiga kali atau lebih sedikit per minggu. Tidak semua orang memiliki jadwal yang sama dalam hal usus besar dan buang air besar.

Beberapa orang pergi sekali sehari, beberapa tiga kali sehari, dan yang lain hanya tiga kali seminggu. Namun, buang air besar kurang dari tiga kali seminggu telah menjadi angka universal di antara profesional medis yang memenuhi syarat untuk kasus sembelit ringan.

Apa itu Sembelit?

Dengan meningkatnya kasus sembelit selama bertahun-tahun, para profesional medis mulai meneliti lebih banyak penyebab dan alasan di balik seringnya berhenti buang air besar.

Kebanyakan orang yang menderita sembelit kronis adalah wanita atau orang tua, tetapi itu tidak membuat seluruh populasi keluar sepenuhnya. Di beberapa titik dalam kehidupan setiap orang, mereka kemungkinan akan mengalami beberapa bentuk sembelit.

Gejala Sembelit

Bergantung pada orang dan situasinya, mereka mungkin mengalami sembelit ringan, parah, atau mungkin kronis.

Mereka semua memiliki karakteristik yang serupa, tetapi seringkali hanya bergantung pada berapa lama kondisi tersebut berlangsung.

Sembelit umumnya bukanlah masalah kesehatan yang besar, tetapi bisa menjadi tidak nyaman dan menjadi beban kehidupan sehari-hari jika tidak ditangani.

Beberapa gejala sembelit yang paling umum tercantum di bawah ini:

  • Kurang dari tiga kali buang air besar per minggu
  • Buang air besar yang sulit dan mungkin menyakitkan
  • Tinja keras atau menggumpal
  • Perasaan masih harus “pergi” setelah buang air besar
  • Perasaan tersumbat di rektum
  • Perlunya bantuan untuk menghasilkan buang air besar dengan cara memijat perut
  • Ketidaknyamanan perut bagian bawah dan kembung
  • Perdarahan rektal yang disebabkan oleh buang air besar yang keras dan / atau sulit

Setelah pasien mulai mengalami satu atau lebih gejala ini selama lebih dari tiga minggu, maka akan dianggap sebagai kondisi sembelit kronis.

Jika ada kesulitan buang air besar yang tiba-tiba, tidak dapat dijelaskan dan / atau terus-menerus, sebaiknya Anda mengunjungi dokter untuk mendapatkan nasihat dan diagnosis lebih lanjut.

Penyebab Sembelit

Ada sejumlah alasan yang berbeda dari pola makan, lingkungan, dan medis sembelit terjadi, tetapi pengobatan untuk sembelit tetap sama di semua tempat.

Mampu mengidentifikasi akar penyebab sembelit Anda (terutama jika itu kronis) adalah kunci dalam mengobati dan mencegahnya di masa mendatang.

Beberapa penyebab sembelit yang paling umum tercantum di bawah ini:

  1. Perubahan pola makan yang tiba-tiba
  2. Kekurangan serat
  3. Dehidrasi
  4. Menekankan
  5. Penggunaan obat pencahar secara berlebihan
  6. Kurangnya aktivitas dan pergerakan
  7. Beberapa obat (narkotika, antidepresan, dan pil zat besi adalah yang paling umum)
  8. Kehamilan
  9. Sindrom mangkuk iritasi
  10. Gangguan Makan
  11. Tiroid yang kurang aktif dan gangguan hormonal lainnya
  12. Penyumbatan di rektum atau usus besar (biasanya melibatkan kanker usus besar )
  13. Masalah neurologis ( Parkinson , multiple sclerosis , cedera tulang belakang / leher)

Anda berisiko lebih tinggi mengalami sembelit, termasuk sembelit kronis, jika Anda memiliki kondisi medis tertentu yang mendasari, jika Anda berusia lanjut atau selama kehamilan dan setelah lahir.

Wanita cenderung lebih rentan mengalami sembelit dibandingkan pria. Namun, hal ini mungkin disebabkan oleh jumlah kasus yang lebih tinggi terkait dengan pengasuhan anak.

Dalam kasus sembelit kronis yang sangat parah, pasien mengalami bagian besar dan keras dari tinja yang mengeras dan menjadi tidak dapat dilewati di usus besar atau rektum Anda.

Ini disebut sebagai impaksi feses atau usus besar. Kondisi ini bisa menjadi sangat parah dan menyebabkan penyakit. Jika tidak ditangani, bahkan bisa mengakibatkan kematian.

Jika Anda mulai mengalami sembelit kronis dan / atau sering mengonsumsi obat pencahar, Anda berisiko lebih tinggi, dan disarankan untuk mengunjungi dokter sesegera mungkin untuk memastikan perawatan yang tepat sedang dikejar.

Pengobatan Sembelit

Cara termudah untuk menyembuhkan sembelit adalah melalui gaya hidup sehat dan konsisten. Saat makan makanan utuh dan aktif, Anda membiarkan tubuh berfungsi dengan baik.

Tetap saja, terkadang stres atau kondisi yang mendasari dapat memperumit dan mengencangkan usus kita. Penting untuk mengetahui cara memerangi sembelit pada tahap awal untuk menghindari kasus kronis.

Jika Anda menderita sembelit ringan, kemungkinan besar Anda bisa menyelesaikannya sendiri.

Ada banyak obat pencahar di pasaran, tetapi jangan melihat yang pertama. Biasanya ada perawatan yang lebih sehat dan lebih alami yang tidak akan membuat tubuh Anda bergantung pada obat pencahar yang tersedia.

Biasanya ideal untuk minum setidaknya dua hingga empat gelas air ekstra per hari (kecuali disarankan oleh dokter), untuk memerangi dehidrasi .

Dehidrasi adalah penyebab umum sembelit. Selain itu, rekomendasi paling umum adalah makan plum, minum jus prune, tambahkan sereal bekatul ke pagi hari, bersama dengan cairan hangat sepanjang hari, dan tambahkan buah dan sayuran ke dalam makanan Anda.

Tidak hanya itu, jangan lupa untuk bergerak dan berolahraga! Semakin banyak tubuh Anda bergerak, semakin mudah untuk buang air besar juga.

Olahraga yang sering dan teratur juga dapat membantu saat Anda stres, dan stres sering kali dapat menjadi penyebab sembelit, terutama pada orang dewasa muda.

Pencahar alami

Jika Anda mendapati bahwa menerapkan gaya hidup yang tercantum di atas tidak berhasil, Anda mungkin akan disarankan untuk beralih ke bantuan pencahar berikutnya.

Ada banyak obat pencahar yang dijual bebas, dan dokter Anda bahkan mungkin merekomendasikan obat yang bekerja dengan baik.

Namun, ada banyak obat pencahar alami yang perlu dipertimbangkan agar Anda lebih sadar akan apa yang Anda masukkan ke dalam tubuh.

BERIKUT BEBERAPA OBAT PENCAHAR ALAMI YANG PERLU DIINGAT:

  • Apel
  • Biji chia
  • Buah sitrus
  • Biji rami
  • buah kiwi
  • Dedak gandum
  • Jus prune

Banyak dari obat pencahar alami ini dimaksudkan untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan Anda dan tinggi serat. Menerapkan salah satu dari mereka ke dalam diet Anda dapat membantu menjaga semuanya tetap terkendali.

Pelunak Feses Alami

Pelunak feses hanyalah metode yang lebih lembut untuk meredakan sembelit. Mereka melakukan apa yang mereka katakan, dan mereka melunakkan tinja agar lebih mudah bagi Anda untuk mengeluarkannya.

Pelunak feses bekerja paling baik bila Anda tidak perlu segera buang air besar dan Anda hanya memiliki beberapa gejala sembelit ringan.

Meski begitu, banyak obat pencahar alami datang dalam bentuk makanan dan dikelompokkan dalam kategori yang sama dengan obat pencahar alami.

Pelunak feses alami yang lebih umum direkomendasikan termasuk plum kering, sayuran berdaun hijau, dan apel. Semua buah dan sayuran mengandung serat makanan tinggi yang diperlukan untuk saluran pencernaan yang sehat dan teratur.

Suplemen untuk Sembelit

Beberapa dari kita mungkin perlu melengkapi makanan yang kita makan dengan bubuk, ekstrak, dan pil.

Apalagi jika kita sedang bergelut dengan gejala sembelit kronis. Suplemen yang mampu meredakan sembelit termasuk bubuk ekstrak asparagus , bubuk ekstrak beras hitam dan bubuk ekstrak boswellia serrata , untuk beberapa nama.

Catatan

Terlepas dari kesamaan sembelit, itu adalah gangguan yang sepenuhnya dapat dicegah dalam banyak kasus. Ada hal-hal tertentu yang dapat membuat individu lebih rentan mengalami sembelit.

Tetapi dengan bantuan pola makan sehat dan gaya hidup aktif, Anda mungkin tidak harus mengalaminya lagi, jika sama sekali.

Ingatlah bahwa Anda harus selalu berkonsultasi dengan profesional medis tepercaya saat mengubah gaya hidup diet Anda, terutama jika Anda menambahkan suplemen.

Belum ada Komentar untuk "Sembelit ! Gejala, Penyebab dan Pengobatan"

Posting Komentar

Entri yang Diunggulkan

Mamfaat Eu natural untuk kesuburan sperma pria

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel